Blooper adalah salah satu NPC yang berperan sebagai musuh Mario didalam air. Blooper tidak terlalu aktif jika mengetahui adanya player. Blooper memiliki kecepatan yang lambat dan hanya bisa menyerang pada jarak dekat.
A. Penjelasan FSM pada Blooper secara umum
Saat tidak ada player yang mendekat Blooper akan bergerak seperti cumi cumi ke atas, bawah dan ke kiri, kanan secara acak dengan jarak tertentu atau bisa dibilang melakukan patrol di dalam Air.
Jika player mendekat maka Blooper akan mengejar player, kecepatan Blooper lambat sehingga memerlukan waktu lama untuk sampai ke player.
Ketika Blooper mengejar musuh dan player lari sampai jauh melebihi jangkauan Blooper, maka Blooper akan kembali melakukan patroli.
Jika Blooper sudah dekat atau disamping musuh, Blooper akan menyerang player secara terus – menerus. Dan jika player sudah mati Blooper akan berpatroli lagi.
Untuk pembuatan diagram hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan atau merinci, action yang bisa dilakukan oleh NPC. Contohnya pada NPC Blooper
Action :
1) Patroli, bergerak modar mandir secara acak.
2) Mengejar, mengejar player jika melihat player dalam jarak tertentu.
3) Menyerang, menyerang player jika posisinya dekat dan player masih hidup.
Jika sudah merinci Action, selanjutnya adalah membuat diagram nya. Terdapat 2 simbol yang dapat digunakan yaitu : Lingkaran dan Panah, simbol lingkaran digunakan untuk menggambarkan action pada NPC dan tanda panah digunakan untuk menjelaskan sebuah kejadian. Berikut gambar diagram dari NPC Blooper :
C. Penjelasan Diagram dengan Logika atau Algoritma
// Algoritma Blooper
// See, adalah keadaan dimana posisi Blooper tidak jauh dari posisi Player atau dalam artian Blooper melihat Player
// Self, variable untuk menjelaskan posisi Blooper
// Player, variabel untuk menandakan sebagai tokoh yang berperan pada game, yaitu Mario dan Luigi
// Statement dengan tanda “()” adalah adalah statement untuk menandakan function atau action dari Blooper. Tanda ini tidak harus digunakan karena hanya sebagai tanda action.
if see = no_player then
patroli()
if see = player then
move_towards_player()
if self = nearby_player and player = alive then
attack_player()
if player = die then
patroli()
Itu tadi penjelasan dari pembuatan diagram FSM untuk NPC pada Super Mario Bross. Semoga Bermanfaat. Terimakasih Sudah Berkunjung.
- Jangan Lupa Share -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar